April 11, 2010

Me and My Animal Friends

 


           The Cove, Hachiko, dan Marley and Me. Ketiga film yang bercerita tentang hewan ini yang bikin saya semangat nulis pertama kali diblog ini. Setelah diingat-ingat, ternyata saya punya sejarah cerita cukup banyak tentang hewan peliharaan, beberapa jenis hewan peliharaan pernah saya pelihara, dan semuanya saya anggap teman. Berikut adalah hewan-hewan yang pernah jadi teman saya:


·      Anak Ayam Warna Warni

Ini adalah hewan pertama yang pernah saya pelihara. Dulu waktu saya masih TK sampai awal-awal SD, ada abang-abang dengan gerobak dorongnya keliling kampung menawarkan barter antara barang bekas dengan anak ayam yang sudah disepuh dengan berbagai macam warna. Setiap si abang mampir dekat rumah saya, saya selalu kasak-kusuk gudang buat cari barang-barang yang sudah usang buat ditukar dengan anak ayam. Sebenarnya anak ayam ini bisa dibeli seharga Rp.1500, tapi dulu itu Rp.1500 adalah uang jajan saya untuk 1 minggu, jadi mustahil berkorban gak jajan 1 minggu demi satu anak ayam. Karena anak ayam, saya juga pernah terlibat kasus dengan nenek saya. 

Pada suatu hari, si abang anak ayam lewat dan saya kehabisan stock barang yang bisa ditukar, karena dihari-hari sebelumnya saya sudah berhasil mengumpulkan lima anak ayam dari hasil barter dengan barang-barang di gudang. Akhirnya saya ingat kalau di dapur nenek saya ada satu termos yang sudah terlihat usang. Saya bawa ke si abang, dan saya dapet satu anak ayam. Sorenya saya kena omel nenek karena ternyata itu termos andalan buat bikin kopi buat kakek saya. Saya berhenti melihara anak ayam karena setelah sekian lama saya sadar, selama ini saya ditipu, anak ayam itu gak bener-bener warna warni. Tadinya saya pikir kalau saya berhasil mengawinkan anak ayam warna biru dengan anak ayam warna merah saya akan dapet anak-anak ayam berwarna ungu. Ternyata itu haya sepuhan belaka!

·      Burung Kutilang

Kata papa saya, burung kutilang kalau kita pelihara dari kecil, dia akan jadi jinak, kalau kita lepas dari kandangnya pasti akan pulang lagi ke kandang. Suatu hari saya setuju menukar satu kaleng Khong Guan berisi kelereng dengan satu anak burung kutilang. Setelah satu minggu saya pelihara, saya pikir sudah waktunya membuktikan perkataan papa saya, saya buka kandangnya, si burung terbang, ditunggu sampe sore kok gak pulang-pulang, ternyata sampe besoknya juga gak pulang-pulang. Sedih!

·      Anak ayam kampung

Papa saya bilang, daripada pelihara anak ayam negeri mati melulu, mending pelihara anak ayam kampung, karena katanya anak ayam kampung lebih bisa survive. Terbukti, tanpa usaha keras saya bisa membesarkan seekor anak ayam kampung jadi ayam dewasa. Si ayam kampung ini sungguh istimewa, kalau pagi dilepas buat cari makan sendiri, sorenya begitu maghrib dia akan nabrak-nabrakin diri ke pintu rumah minta dibukain kandangnya. Si ayam kampung nasibnya berakhir di meja makan karena digoreng sama nyokap. Sh*t!

·      Burung Elang

Kali ini kesalahan ada di papa saya, dia percaya kalau burung elang dilepas bisa balik lagi. Papa saya beli seekor anak burung elang dari temannya, setelah dirasa sudah agak besar, si elang dilepas. Memang benar, si elang terbang muter-muter di sekitar rumah aja, papa saya masih percaya dia bakalan balik ke kandang sore hari. Belum sampai sore, ada beberapa tukang ojek dateng kerumah nenteng si elang yang sudah ditembak pake senapan mimis di pahanya. Tukang ojek dateng minta tebusan sebagai imbalan berhasil menangkap elang yang keluar kandang. Menghindari keributan, dibayarlah imbalan yang diminta. 2 hari kemudian si elang metiaw. Elang yang malang!

·      Ular Sanca

Ini adalah hewan pertama yang saya pelihara di masa dewasa, tepatnya saat jaman kuliah. Sumpah saya bukannya sok jantan mau pelihara ular, lah orang ngeliat cacing aja udah merinding. Ini semua karena Rudi, teman saya yang entah kenapa tiba-tiba jatuh cinta sama ular, dia beli ular beberapa kali tapi suka lupa ngerawatnya. Karena dari dulu saya suka gak tegaan sama binatang, maka itu saya volunteer jadi nanny ular-ularnya Rudi. Ada beberapa ular yang pernah jadi teman saya, dari mulai sanca kembang biasa, sampai condro phyton asli papua yang ternyata masuk daftar binatang dilindungi. 

Rekor saya, cuma 2 kali digigit sama ular-ular yang pernah saya tangani, tapi ini bukan berarti saya jago mengangi ular, kebetulan aja ular-ularnya bego, jadi kalo ada tetangga sekitar rumah yang tiba-tiba dateng kerumah minta tolong ke saya karena dihalaman rumahnya ada ular, saya akan bawa sapu, bambu, pacul, atau apapun yang ada buat bantuin ngusir ular tak diundang itu. Sorry, saya bukan Rob Bredl.

·      Tupai

Dulu waktu masih pelihara ular, secara berkala saya dateng ke Barito buat beli tikus putih makanan si ular. Suatu hari saya ngeliat ada satu toko yang menjual tupai. Sungguh lucu tupai-tupai ini. pas saya tanya ke tukangnya, ternyata tupai ini dijual buat dimakan dagingnya yang katanya bisa jadi obat rematik. Diantara tupai-tupai yang dijual ini ternyata ada satu yang masih baby, karena ngerasa iba akhirnya saya beli, saya kasih nama Howie. Si Howie emang beneran lucu, begitu dilepas dari kandang, dia bakalan balik lagi kalo dipanggil. Setelah beberapa bulan jadi teman saya, Howie harus pulang ke rahmatullah karena perwatan yang salah. Dia dimandiin karena katanya badannya bau. Howie mati kedinginan. Dear Howie, I will always remember u as a good friend ;)

·      Crocodillus Porossus

 saya tertarik mau punya buaya setelah nonton serial Jack Ass yang di salah satu edisinya ada adegan dimana Johnny dan Bam putingnya digigit bayi buaya. Langsung deh kepikiran, kayaknya lucu nih pelihara buaya. setelah pesan dengan salah satu pedagang ular di barito, saya dapet bayi buaya berusia 2 bulanan, dinamain Kratos.  Ternyata, lucunya buaya cuma di Jack Ass aja, kalo dipelihara susah buat dibilang lucu. Ini buaya hobinya gigit. Padahal udah praktekkin caranya Rob Bredl dengan nutup matanya sebelum megang, tetep aja ngegigit, untung masih gigi susu. Suatu hari, nyokap lewat disamping kandangnya Kratos, eh..si Kratos yang belum makan seminggu loncat, gak berhasil keluar kandang emang, tapi tetep aja nyokap kaget gila-gilaan. Akhirnya nyokap bilang, mau Mama atau buayanya yang keluar dari rumah. Bak sinetron. Akhirnya si Kratos dibalikin lagi ke penjulanya. Berharap ada yang bisa lebih baik ngerawatnya.

                     Kratos adalah hewan terakhir yang jadi teman saya, setelah era Kratos, saya memutuskan untuk gak pelihara binatang dulu karena takut gak keurus. Tapi setelah nonton The Cove, saya saat ini memutuskan untuk gak melihara binatang lagi, sebagus-bagusnya perawatan kita terhadap binatang peliharaan, dia akan lebih bahagia kalo tinggal di alamnya, begitu kata The Cove. So, if you love animal, ……..! (dhiska please feel free to fill the blank!)

Punk 

1 comment:

Dhis said...

Langsung ke bagian yg penting aja, jadi puting sebelah mana yang udah digigit si kratos? Ini apa sih, punya blog sendiri, komen sendiri. Agak mneyedihkan ya

Post a Comment